Sabtu, 26 Januari 2013

“ Jangan Berhenti...”



By: IMAD AQL 
“ Ass.Wr.Wb Ustadz, apa kabar. Smoga ust skeluarga dalam sehat & lindungan Allah SWT. Tiba- tiba ana kangen dengan ustadz, pingin dengar taujih2, bahasan2 dari ustadz. Soal jemb kukar  yang runtuh misalnya. Afwan nganggu.”
            Itulah   SMS yang aku kirimkan ke beliau (dalam HP ku tulis nama beliau dengan “ Caknur”) pada tanggal 18 Desember 2011 pukul 04. 56 yang sampai sekarang 5 januari 2012 masih kusimpan. SMS  itu tidak di balas oleh beliau , aku membantin mungkin beliau sibuk, karena aku tahu beliau orangnya super sibuk . Itu Sebabnya di SMS itu kuakhiri dengan afwan nganggu.
          Itu memang kebiasaan ku, aku menghubungi beliau ketika menurutku ada peristiwa menarik , men-sejarah , seperti SMS ku itu tentang jembatan kukar yang runtuh. Aku puas, mendengar beliau mengupas peristiwa/ masalah yang kutanyakan dimana aku bisa membandingkannya dengan kabar berita yang kuketahui lewat berbagai media.
          Aku ingat, ulasan , arahan beliau ketika aku menanyakan tentang kepergian ibu Sri Mulyani ke luar negeri terkait dengan Bank Century tempo hari . Beberapa point menjadi catatanku , plong rasanya . Benar-benar bahasan yang bernuansa Robbani , Universal dan menentramkan. Sebenarnya kepadaku beliau jarang berkirim SMS  (aku maklum) , kecuali aku mendahului meng SMS beliau dan beliau membalasnya. Seperti SMS ku soal ibu Sri Mulyani dan Bank Century tadi.Namun suatu hari , entah mengapa beliau meng SMS ku, isi SMS itu kutipan dari perkataan ulama, agaknya ulama / syaikh dari Timur Tengah yang bunyinya : kata Syaikh Akhmad Rasyid : La rahata Li du’at Illa Ba’dal mamat. ( Tidak ada istirahat bagi seorang du’at, kecuali ajal telah tiba)
        Beliau memang tidak berkata – kata , tidak berucap kepadaku , namun  aku merasakan dengan segala kenanganku kepada beliau , seakan – akan beliau berpesan “ jangan berhenti... jangan berhenti... jangan berhenti....”
        Saat pertama kali aku mengetahui beliau masuk rumah sakit , aku gelisah , berdo’a untuk kesembuhan beliau pada tiap kesempatan , juga mengirim SMS ke beberapa teman lama yang sudah berjauhan pulau dan kota serta  lama tidak jumpa , memberitahuan tentang sakitnya beliau  dan mohon do’a kesembuhan untuk beliau .
          Aku ingin menengoknya tapi belum punya waktu yang pas. Agar ku mengetahui perkembangan sakit beliaun , aku menghubungi banyak kawan di Samarinda,  tiga orang diantaranya kujadikan “titik pantau” ku . Ku kirimkan SMS kepada ketigannya ( Ust. Ramlan, Ust. Munir, dan Adik Cholid) sebagai berikut : “ Tolong, kirimi aku terus perkembangan ustasz Nurhuda” pintaku.
        Aku harus kesana, jangan sampai aku menyesal. Ketika kesempatan itu ada , aku menjenguk beliau ke RS di Balikpapan.Diruang tunggu sela aku bertemu dokter Haris, beberapa ibu dan istri beliau , Ibu Win. Saat giliranku keruang beliau berbaring, kulihat ibunda beliau berdiri samping putranya. Kupandangi wajah beliau , kepegangi kaki beliau dan berdo’a.
        Agak aneh, didepan beliau aku tidak bisa menangis . Mungkin, pertama , aku ingin beliau benar – benar bisa sembuh, berharap bisa sembuh. “Kita masih akan terus bersama ustadz “ bisikku dihati.   Kedua,  aku tak ingin beliau berkata : “ Jangan cengeng akhi, jangan gampang menyerah . Aku tidak ingin beliau kecewa .
        Kupandangi wajah beliau sekali lagi, aku jadi teringat dengan tulisan seorang ustadz” Biarlah kelelahan itu lelah sendiri mengejar kita”.  Ya, kelelahan itu lelah mengejar beliau, beliau tidak terkejar oleh kelelahan.
       Disaat aku menulis naskah ini dan disaat doa- doa ku untuk beliau sebelumnya aku menangis, terlebih ketika kami mau pulang dari pemakaman beliau , aku merasakan menangis seperti anak kecil sampai – sampai badanku dipegangi oleh ustadz Abdul Malik, kukatakan pada diriku ini sebuah fakta.

“ Ustadz aku ingat pesan – pesanmu....
Akan kuteruskan perjuanganmu......
Kembalilah kepada Rabbmu......Kelak kita akan bertemu. Kita akan bertemu” 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
www.maratulmutiah.blogspot.com
HAiiiiiii